Kamis, 08 Maret 2012

INJECTION MOULDING

INJECTION MOULDING

mesin injeksi mouldingProses injection molding merupakan proses pembentukan benda kerja dari material compound (biji plastik) berbentuk butiran yang ditempatkan kedalam suatu hopper dan masuk kedalam silinder injeksi yang kemudian didorong melalui nozel dan sprue bushing kedalam
rongga (cavity) dari mold yang sudah tertutup. Setelah beberapa saat didinginkan, mold akan dibuka dan benda jadi akan dikeluarkan dengan ejector. Material yang sangat sesuai adalah material thermoplastik dan karena pemanasan material ini akan melunak dan sebaliknya akan mengeras lagi bila didinginkan. Perubahan–perubahan ini hanya bersifat fisik, jadi bukan perubahan kimiawi sehingga memungkinkan untuk mendaur ulang material sesuai dengan kebutuhan.
Proses injeksi moulding ini sangat berpengaruh dari bentuk master cetakan, semakin baik master cetakan maka hasil dari injeksi ini akan menghasilkan produk yang baik.Penentuan titik injeksi harus tepat pada titik tengah benda kerja bertujuan agar laju aliran bisa mencapai rongga cetakan dengan bersamaan sehingga mengurangi air trap.
Untuk menhindari kegagalan proses injeksi moulding maka sangat dianjurkan untuk melakukan analisis dan simulasi dengan menggunkan sofwer, adapun sofwer yang digunakan untuk menganalisa laju aliran yaitu moudflow.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar